AC Milan 0-1 Zenit St. Petersburg (5/12/2012)

Rabu, 05 Desember 2012

Zenit St Petersburg memetik hasil positif saat melawat ke kandang AC Milan di matchday VI Liga Champions. Klub asal Rusia itu memetik kemenangan dengan skor tipis 1-0.

Berlaga di San Siro, Rabu (5/12/2012), tim 'Merah Hitam' langsung tampil menggebrak begitu pertandingan dimulai. Peluang pertama hadir lewat Massimo Ambrosini di menit kelima yang sepakannya dari luar kotak penalti masih di blok pemain belakang Zenit.

Empat menit berselang, giliran Urby Emanuelson yang memberikan ancaman. Belum maksimal, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran.

Zenit yang cuma sesekali menyerang justru bisa unggul lebih dulu saat pertandingan berjalan 35 menit. Gol tim tamu tercipta lewat kaki sang kapten, Danny.

Danny melakukan pergerakan dari sisi sayap kiri lalu melepaskan umpan kepada Sergei Semak. Bola memantul lini belakang Milan, tapi Danny berhasil kembali menguasai bola lalu melepaskan tembakan kaki kanan yang bersarang di pojok kanan bawah gawang yang dikawal oleh Christian Abbiati.

Hingga babak pertama berakhir Milan tetap tak mampu menciptakan gol penyeimbang. Kedudukan 1-0 pun bertahan hingga jeda pertandingan.

Babak kedua dimulai, tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan. Di menit ke-54, Kevin-Prince Boateng melepaskan umpan silang mendatar dari sayap kanan. Giampaolo Pazzini yang berdiri di muka gawan berhasil menyotek bola meski akhirnya bisa di antisipasi oleh kiper Zenit, Vyacheslav Malafeev.

Milan terus menekan pertahanan Zenit. Emanuelson mengirim umpan silang dari sisi kiri pertahanan tim besutan Luciano Spaletti itu. Belum juga berhasil, sundulan Pazzini masih jauh diatas mistar.

Di menit ke-75, Bojan yang melakukan tusukkan berhasil mengecoh lini belakang Zenit. Ia lalu mengirimkan bola ke tengah kotak penalti yang gagal disundul oleh Pazzini.

Stephan El Shaarawy yang baru masuk di menit ke-82, langsung tampil berbahaya saat baru dua menit berada di atas lapangan. Ia yang mendapatkan bola sodoran dari sayap kanan, melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang masih menyamping di sisi kiri gawang Zenit.

Tidak ada gol tambahan hingga pertandingan berakhir. Rossoneri pun harus rela kalah dari Zenit dengan skor tipis 1-0.

Kekalahan atas Zenit ini tak berpengaruh pada posisi Milan di klasemen akhir Grup C. Tim besutan Massimiliano Allegri itu menduduki peringkat dua dengan raihan delapan poin.

Sementara itu bagi Zenit, tambahan tiga ini membuat mereka memastikan diri akan berlaga di Liga Europa. Hulk dkk. menempati peringkat tiga dengan raihan tujuh poin unggul dua angka dari Anderlecht.

Susunan Pemain
AC Milan: Christian Abbiati, Mattia De Sciglio, Francesco Acerbi, Djamel Mesbah (Robinho 64), Christian Zapata, Mathieu Flamini (Stephan El Shaarawy 82), Massimo Ambrosini, Urby Emanuelson, Kevin-Prince Boateng, Giampaolo Pazzini, Bojan Krkic (Andrea Petagna 90)

Zenit St Petersburg: Vyacheslav Malafeev, Alexander Anyukov, Bruno Alves, Nicolas Lombaerts, Tomas Hubocan, Roman Shirokov (Maksim Kanunnikov 88), Igor Denisov, Axel Witsel, Danny, Sergei Semak (Michael Lumb 90), Hulk (Konstantin Zyryanov 80)

Berita Terkait: