Michael Schumacher Jalani Balapan ke-300

Kamis, 30 Agustus 2012

GP Belgia akhir pekan ini akan menjadi balapan yang spesial untuk Michael Schumacher. Di sana pebalap Mercedes GP itu akan melakoni balapan ke-300 di ajang F1.

Malang melintang di arena 'Jet Darat' sejak tahun 1991, dan sempat "istirahat" di periode 2007-2009, Schumi kini sudah menjalani 299 balapan. Dengan jumlah tersebut ia menjadi pebalap kedua dengan jumlah balapan terbanyak dalam sejarah.

Kini Schumi bersiap melakukan balapan ke-300 di Spa, Minggu (2/9/2012). Sirkuit itu sendiri akan semakin spesial untuk pebalap asal Jerman itu karena kemenangan pertamanya di F1 pun dicatatkan di sana.

Berikut data dan fakta terkait GP Belgia, seperti dicatat Reuters:

- Schumi akan melakoni balapan F1 ke-300 akhir pekan ini. Hanya Rubens Barrichello yang mencatatkan jumlah lebih banyak dengan 322 balapan.

- Balapan pertama Schumi di F1 ia lakoni di Spa bersama tim Jordan pada 25 Agustus 1991. Saat itu ia lolos kualifikasi di posisi tujuh tapi retire setelah tujuh lap.

- Schumi mencatatkan kemenangan pertama dalam kariernya di F1 di Spa pada tahun 1992 bersama Benetton. Ia juga memastikan gelar juara dunia nomor tujuhnya di Spa pada tahun 2004--saat itu Spa menjadi balapan ke-14 dari total 18 seri musim tersebut.

- Fernando Alonso (Ferrari) adalah satu-satunya pebalap yang telah memenangi tiga seri balapan musim ini. Berikutnya ada pebalap Red Bull Mark Webber dan Lewis Hamilton dari McLaren yang masing-masing telah memenangi dua balapan.

- Total Alonso sudah memenangi 30 seri balapan dalam kariernya di F1. Satu kemenangan lagi akan membuatnya setara dengan Nigel Mansell di posisi empat pebalap dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah.

- Alonso selalu bisa meraih poin dalam 23 balapan terakhirnya dan bisa menyamai rekor Schumi pada periode 2001-2003 (juga saat membela Ferrari) yang mengemas poin dalam 24 balapan beruntun.

- Tak ada pebalap Belgia pada balapan di akhir pekan. Total hanya tujuh pebalap Belgia yang tercatat pernah meraih angka di F1. Yang terakhir mampu melakukannya adalah Thierry Boutsen pada 1992.

- Ferrari telah meraih enam kemenangan dalam 10 tahun di Belgia.

- Dibandingkan pebalap lain, Schumi memiliki jumlah kemenangan paling banyak di Spa dengan enam kemenangan.

- Sebelum kemenangan pebalap Red Bull Sebastian Vettel pada tahun lalu, Ferrari dan McLaren mendominasi Spa dengan bergantian menang sejak 1999.

- Empat dari 10 balapan terakhir di Spa telah dimenangi oleh pebalap yang menempati posisi pole.

- Safety car selalu hadir di dalam enam dari 10 balapan terakhir GP Belgia.

Berita Terkait: