Michael Phelps Raih Medali Emas ke 18

Minggu, 05 Agustus 2012

Michael Phelps mendapatkan penghargaan sebagai perenang terbaik sepanjang masa.

Perenang AS Michael Phelps meraih medali emas ke 18 sepanjang karirnya di Olimpiade dengan memenangi final 4x100 meter estafet gaya ganti.

Perenang berusia 27 tahun ini bersama tim AS mengalahkan tim renang Jepang dengan pencapaian waktu 3 menit 29,35 detik.

Australia meraih perunggu dan Inggris Raya berada di urutan keempat.

Phelps akan mengakhiri karirnya dengan perolehan 22 medali diantaranya 18 emas dari pertandingan Olimpiade.

"Sulit untuk menggambarkan dengan kata-kata sekarang, tetapi saya mengakhiri karir saya dengan cara yang saya inginkan," kata Phelps dengan emosional. "Melewati karir yang naik turun, saya masih tetap dapat melakukan semua yang saya mau untuk menyelesaikannya dengan baik.

"Saya telah dapat melakukan sesuatu yang orang lain belum dapat lakukan dan ini merupakan cara yang menyenangkan untuk mengakhiri ini."

Sebelumnya perenang Matt Grevers turun dalam gaya punggung dan gaya dada Brendan Hanse, menyusul Phelps dengan gaya kupu-kupu dan Nathan Adrian dengan gaya bebas.

Phelps memulai debut di Olimpiade Sydney pada 2000 dalam usia 15 tahun, dan menang enam emas dan dua perunggu di Olimpiade Athena, dan delapan medali emas di Beijing.

Setelah pertandingan final, perenang AS ini dianugerahi trophy oleh Organisasi renang dunia Fina, yang menyebut Phelps sebagai "atlet Olimpiade terbaik sepanjang masa."

Peranang ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada pelatihnya selama 15 tahun, Bob Bowman.

"Malam ini sangat emosional untuk Bob dan saya," kata Phelps.

"Saya tidak akan berada disini hari ini tanpa semua yang telah dia lakukan untuk saya dan saya mencintai dia sampai mati, dan berterimakasih saya memiliki seseorang yang sangat peduli terhadap saya yang telah berada selama 15 tahun terakhir, jadi dia merupakan yang terbaik dan ucapan terimakasih saya tidak akan cukup untuknya.

"Saya dapat menjadi perenang terbaik sepanjang masa dan kami mendapatkan ini bersama, dan saya berterimakasih kepada dia."

Di Olimpiade London, Phelps mendapatkan medali terbanyak dibandingkan dengan perenang lain, yaitu empat emas dan dua perak.

Berita Terkait: