Manchester United 3-2 Fulham (25/8/2012)

Sabtu, 25 Agustus 2012

Robin van Persie dan Shinji Kagawa membuat gol debut mereka di Premier League untuk Manchester United. 'Setan Merah' pun menang tipis 3-2 atas Fulham di hadapan pendukung sendiri.

MU yang tertinggal lebih dulu tampil ofensif di babak pertama. Kagawa bermain lugas dengan operan-operannya di sepertiga akhir lapangan. Namun, performa bagus barisan depan MU tidak diikuti oleh barisan pertahanannya. Dengan memasang Michael Carrick dan Nemanja Vidic, pertahanan MU terlihat limbung.

Sebaliknya, serangan balik Fulham yang kerap dibangun oleh Moussa Dembele kerap membahayakan gawang David De Gea. Salah komunikasi antara Vidic dan De Gea akhirnya memberikan mereka sebuah gol di babak kedua.

Ini adalah kemenangan pertama MU di Premier League musim ini. Sebelumnya, di pekan pertama, mereka kalah 0-1 dari Everton. Hasil ini membuat MU naik ke posisi delapan dengan nilai tiga. Sementara Fulham berada di urutan lima, juga dengan nilai tiga.

Baru dua menit pertandingan berjalan, Fulham sudah mengungguli Manchester United 1-0. Gol The Cottagers dicetak oleh Damien Duff. Namun, keunggulan Fulham langsung dibalas van Persie.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Sabtu (25/8/2012) malam WIB, gol Fulham tersebut berawal dari pelanggaran Michael Carrick di sisi kanan pertahanan MU.

Fulham pun mendapatkan tendangan bebas dan dieksekusi oleh Bryan Ruiz. Ia mengirimkan bola datar ke tengah kotak penalti, yang langsung disambar oleh Duff.

MU akhirnya menyamakan kedudukan di menit kesepuluh lewat Van Persie. Umpan silang dari kiri yang dilepaskan oleh Patrice Evra langsung disambar dengan tendangan voli oleh Van Persie.

Itu adalah gol pertama Van Persie untuk 'Setan Merah'.

Setelah gol penyama kedudukan itu, MU tampil memenangi penguasaan bola. Mereka akhirnya mencetak gol kedua pada menit ke-36.

Gol tersebut berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Van Persie. Bola kemudian dibuang oleh barisan pertahanan Fulham dan langsung disambar oleh Tom Cleverley. Bola tendangan Cleverley memang masih bisa diblok oleh Mark Schwarzer, namun bola rebound dari tendangan itu disambut dengan sepakan oleh Kagawa. MU 2, Fulham 1.

Tak lama berselang, tepatnya pada menit ke-40, MU kembali menambah keunggulan. Kali ini melalui sundulan Rafael da Silva.

Gol tersebut diawali oleh umpan Antonio Valencia ke sisi kiri dan diterima oleh Ashley Young. Nama terakhir kemudian melepaskan umpan silang ke tiang jauh dan di sana sudah ada Rafael yang menyambutnya. The Red Devils pun unggul 3-1.

Fulham kemudian mendapatkan peluang emas! Duff melepaskan sebuah tembakan dari dalam kotak penalti, namun masih bisa ditepis oleh David De Gea. Bola muntah pun langsung dihantam oleh Mladen Petric, tetapi tendangannya membentur tiang. Terakhir, bola disepak oleh Bryan Ruiz, tetapi lagi-lagi gagal. Tendangan Ruiz masih melambung di atas mistar gawang.

Di babak kedua, MU memiliki beberapa peluang. Namun, justru Fulham yang akhirnya bisa menciptakan gol.

Gol tersebut berawal dari sebuah umpan silang dari sisi kiri. Bola yang dimaksudkan dikirim untuk Petric malah mengenai Vidic. Sementara, De Gea berada dalam posisi yang salah ketika dia berniat meninju bola. Gol pun tercipta lagi ke gawang 'Setan Merah'.

Di ujung pertandingan, paha Wayne Rooney berdarah setelah tak sengaja terkena bagian bawah sepatu Hugo Rodallega. Rooney pun terpaksa ditandu untuk meninggalkan lapangan.

Skor akhir 3-2 untuk kemenangan tuan rumah.

Susunan Pemain
Man Utd: De Gea, Rafael, Carrick, Vidic, Evra, Valencia, Cleverley, Anderson (Giggs 81), Kagawa (Rooney 68), Young (Welbeck 68), Van Persie.

Fulham: Schwarzer, Riether, Hangeland, Hughes, Briggs, Duff, Diarra (Baird 82), Dembele, Kacaniklic (Sidwell 62), Ruiz, Petric (Rodallega 73).

Berita Terkait: