Luka Modric, Kroasia Keempat di Real Madrid

Selasa, 28 Agustus 2012

Sebelum datang Luka Modric, Real Madrid juga pernah diperkuat oleh tiga orang pemain Kroasia. Apakah Modric nantinya bisa melebihi pencapaian para kompatriotnya tersebut?

Modric resmi didatangkan oleh Madrid, Senin (27/8), setelah melalui proses transfer yang panjang dan berlarut-larut. Dengan dana sekitar 30 juta euro, Madrid memenuhi impian Modric untuk bermain di klub raksasa Spanyol selama lima tahun ke depan.

Bukan tugas yang mudah memang bagi Modric untuk bisa tampil bagus bersama Madrid, meskipun ia disebut-sebut sebagai salah satu playmaker terbaik di Liga Inggris sejak kehadirannya tahun 2008 lalu.

Gelandang 26 tahun itu harus bersaing dengan nama-nama beken lain macam Xabi Alonso, Mesut Oezil, Angel Di Maria, Lass Diarra, Esteban Granero atau Sami Khedira. Modric sendiri sudah paham akan hal ini dan ia pun siap untuk membuktikan kemampuan terbaiknya.

Namun, menilik pencapaian pemain-pemain Kroasia sebelumnya di Madrid, Modric punya kesempatan bagus untuk unjuk gigi dalam seragam putih-putih. Ketiga punggawa asal Kroasia yang lebih dulu berkarier di Santiago Bernabeu adalah Robert Prosinecki, Davor Suker dan Robert Jarni.

Para penggemar sepakbola tentu ingat nama-nama itu dan segelintir prestasi yang mereka capai selama memperkuat Madrid. Prosinecki mengawalinya di musim 1991 ketika ia bergabung dari Red Star Belgrade setelah sukses membawa klub Yugoslavia itu menjuarai Liga Champions.

Karier Prosinecki tidaklah mulus-mulus amat karena hanya membawa Los Blancos juara Copa Del Rey dan Piala Super Spanyol di tahun 1993. Tampil 73 kali dan menyumbang 12 gol, Prosinecki pindah ke Real Oviedo dan sempat bermain di Barcelona.

Kroasia kedua adalah Davor Suker dan bisa dibilang ia adalah Kroasia tersukses yang pernah dimiliki Madrid. Pindah dari Sevilla di tahun 1996, Suker memperlihatkan ketajamannya dengan membuat 49 gol dari 106 penampilan hingga pindah ke Arsenal tahun 1999.

Suker selama di Madrid membawa tim itu meraih titel La Liga 1997, Super Spanyol 1997, Liga Champions 1998 dan Piala Interkontinental 1998.

Satu lagi pemain Kroasia yang pernah memperkuat Madrid adalah bek kiri bernama Robert Jarni. Bergabung di musim 1998/1999, Jarni kesulitan mendapat tempat di tim inti dan tak mampu memberi gelar apapun sebelum akhirnya cabut ke Las Palmas di akhir musim.

Jika ditarik lebih luas lagi, Modric adalah pemain asal Balkan ke-9 yang bermain di Madrid. Sebab ada lima pemain Yugoslavia yang juga eks Los Merengues, yakni Milan Jankovic, Predrag Mijatovic, Predrag Pasic, Dejan Petkovic, dan Perica Ogjenovic.

Tak banyak memang pemain asal negara yang pecah karena perang saudara itu bisa meraih kesuksesan di Madrid. Namun, dengan tempaan ala Premier League Modric boleh optimistis bisa meraih sukses seperti Suker atau Mijatovic.

Berita Terkait: