LG Keluarkan TV 3D Berukuran 'Raksasa' 84 inch

Jumat, 24 Agustus 2012

Perang televisi tiga dimensi (TV 3D) kian sengit. Persaingan tak cuma dari sisi kualitas namun juga ukuran layar yang dibentangkan. Aksi terbaru dilakukan LG Electronics yang memperkenalkan 3D TV Ultra Definition (UD) berukuran 'raksasa', yakni 84 inch!

TV 3D ini menawarkan kualitas gambar dengan 8 juta piksel per frame dan telah menjalani debutnya di Korea Selatan. LG pun mengklaim sebagai yang pertama di dunia memperkenalkan TV 3D berdimensi layar terbesar dengan kualitas gambar Ultra Definition.

"Pasar TV layar datar dengan kualitas Ultra Definition saat ini masih dalam masa pertumbuhan. Sebagai produsen TV layar datar tingkat global, penting bagi LG untuk menjadi yang terdepan di dalamnya," kata Havis Kwon, Presiden dan CEO dari LG Electronics – Home Entertainment Company.

"3D TV Ultra Definition terbaru LG ini mewakili sebuah tingkatan baru bagi pengalaman menonton tayangan 3D di rumah melalui setiap teknologi canggih yang kami cangkokkan ke dalamnya," lanjutnya, dalam keterangan tertulis.

Pernyataan ini merujuk pada teknologi dari LG 3D TV Ultra Definition berukuran raksasa tersebut yang menawarkan resolusi empat kali (3840x2160) dibanding dengan panel TV Full HD.

Keistimewaan tersebut lahir dari mesin canggih LG Triple XD Engine yang dibenamkan di dalamnya. Bahkan dengan tambahan fitur Resolution Upscaler Plus, memungkinkan gambar dari sumber eksternal seperti hard drive dan konten website tertayangkan dengan detail yang lebih rinci.

Sebagai sebuah TV tiga dimensi, LG 3D TV Ultra Definition 84 inch ini pun dapat berfungsi penuh sebagai sebuah TV pintar (smart TV). Dengan mencangkokkan kepintaran yang telah ada dalam seri smart TV LG sebelumnya, pengguna LG 3D TV Ultra Definition 84inch akan dapat menikmati 1.400 aplikasi.

LG juga membenamkan fitur yang dapat mengkonversi tayangan berformat 2D menjadi 3D. Di samping itu, akses pada konten lebih luas melalui perangkat portabel seperti laptop, handphone, tablet dan flash drive pun dimungkinkan melalui fitur Smart Share.

Meskipun baru hadir terbatas pada pasar Korea Selatan, LG memastikan LG 3D TV Ultra Definition 84 inch akan segera memasuki pasar Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan dataran Asia secara terpisah mulai pada bulan September.

Namun demikian, LG memastikan untuk membawa perangkat ini pada gelaran IFA 2012 yang akan berlangsung pada penghujung Agustus ini di Berlin, Jerman.

Berita Terkait: