Bayern Munich Juara Piala Super Jerman 2012

Senin, 13 Agustus 2012

Raksasa asal Bavaria, Bayern Munich, sukses mengentaskan dendamnya pada Borussia Dortmund. Bayern menggondol gelar DFL-Supercup dengan kemenangan 2-1. Titel ini dirasa start manis sebelum menyongsong Bundesliga 2012/2013.

Babak Pertama
Bayern melancarkan start manis pada awal-awal babak pertama. Bahkan gol pembuka sudah tercipta di menit keenam. Awal kisah dimulai dari assist brilian Franck Ribéry yang mengelabui duet Neven Subotic dan Mats Hummels.

Setelah umpan itu ditadah Mario Mandzukic, striker anyar Bayern itu langsung menceploskan gol pertamanya di kancah resmi. Skor 1-0 untuk keunggulan Die Rote Teufel atas Dortmund.

Semenit kemudian, Die Scwarzgelben – julukan Dortmund, kian keteteran. Peluang kedua kembali didapatkan Mandzukic dan nyaris menggandakan keunggulan. Kerja sama Ribéry dan Arjen Robben, meluangkan kans kedua Mandzukic untuk menyontek bola. Meski sempat kerepotan, torwart (kiper) Roman Wiedenfeller, mampu menghalaunya.

Gol kedua tuan rumah, dikonversi Thomas Müller dengan mudah. Awalnya, Robben melontarkan sepakan keras yang membentur tiang. Bola liar pun diserobot Müller ke jaring gawang. Skor berubah 2-0 pada menit ke-11.

Adapun Dortmund, belum bisa keluar dari tekanan. Berbagai usaha dari sejumlah sektor, hanya membentur tembok bertahan Bayern yang bermain disiplin. Malah, di menit ke-36, Müller hampir mencetak gol keduanya. Sayang, posisinya sudah terjebak off-side setelah menerima umpan sundulan dari Dante da Costa. Hingga jeda, skor 2-0 tetap abadi untuk keunggulan Bayern.

Babak Kedua
Bertolak belakang dengan babak pertama, Dortmund mulai mengambil alih kuasa permainan dan serangan dari Bayern. Robert Lewandowski nyaris mencetak gol bagi Dortmund di menit ke-49, andaikata Manuel Neuer tak tampil apik.

Sontekan Lewandowski di mulut gawang memanfaatkan umpan sepak pojok Marco Reus, masih mampu dibendung kiper utama tim nasional Jerman itu dengan penyelamatan heroik.

Masuk ke menit 65, FC Hollywood kembali membalas. Aksi olah bola Robben yang tak mampu dihadang barisan bek Dortmund, memberi teror nyata. Tapi penyelesaian dari jarak 20 yard-nya masih bisa diamankan Wiedenfeller.

Sepuluh menit selepas peluang Robben tadi, Dortmund baru menemukan gol pertamanya. Lewandowski mencetak gol indah dan mengubah skor menjadi 2-1, masih untuk keunggulan tuan rumah.

Sejak mencetak gol pertama, tim asuhan Jürgen Klopp itu kian gencar mencari gol penyama kedudukan. Di menit ke-78, Mario Götze mengirim umpan cantik kepada Julian Schieber untuk coba digodok menjadi gol. Tapi nahas, sepakan keras Schieber tipis menyamping di sisi gawang Neuer.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 tetap menghiasi Allianz Arena untuk kemenangan Bayern. Setidaknya raihan gelar piala super Jerman ini menjadi pengobat dan penuntas dendam, setelah dipaksa dua kali menyandang status runner-up oleh Borussia Dortmund di Bundesliga dan DFB-Pokal musim lalu.

Susunan Pemain:
Bayern Munich: Manuel Neuer, Philip Lahm, Jérôme Boateng, Dante da Costa, Arjen Robben/Xherdan Shaqiri (86’), Franck Ribéry/Anatoliy Tymoshchuk (81’), Luiz Gustavo, Toni Kroos, Emre Can/Holger Badstuber (70’), Mario Mandzukic, Thomas Müller

Borussia Dortmund: Roman Wiedenfeller, Mats Hummels, ?ukasz Piszczek, Neven Subotic, Marcel Schmelzer, Jakub B?aszczykowski/Julian Schieber (71’), Kevin Großkreutz/Ivan Perisic (64’), Ilkay Gündogan, Moritz Leitner/Mario Götze (64’), Robert Lewandowski, Marco Reus.

Berita Terkait: