Antonio Conte Dihukum 10 Bulan, Terkait Scommessopoli

Jumat, 10 Agustus 2012

Pelatih Juventus Antonio Conte dijatuhi hukuman skorsing selama 10 bulan atas keterlibatannya dalam kasus scommessopoli. Dua pemain Juve Leonardo Bonucci dan Simone Pepe dibebaskan dari dakwaan.

Conte didakwa bersalah terkait skandal pengaturan skor pertandingan.saat masih melatih Siena. Meski ia tidak terlibat langsung, namun karena dianggap mengetahui kejahatan tersebut dan tidak melaporkannya, Conte dikenai dakwaan.

Mantan pemain timnas Italia itu kemudian mengajukan plea bargain, atau semacam negosiasi hukuman berupa skorsing selama tiga bulan dan denda sebesar 200 ribu euro namun ditolak oleh FIGC.

Setelah itu, Komisi Disiplin FIGC memuutuskan menjatuhi Conte dengan hukuman skorsing 10 bulan, yang baru akan berakhir pada 9 Juni 2013 mendatang. Hukuman tersebut lebih ringan lima bulan daripada tuntutan jaksa. Demikian diwartakan Football Italia.

Angelo Alessio, assisten pelath Conte, juga dijatuhi dengan skorsing selama delapan bulan. Sedangkan Bonucci dan Pepe dibebaskan dari segala dakwaan karena inkonsistensi kesaksian dari Andrea Masiello.

Pemain Atalanta itu menuduh Bonucci terlibat langsung dan Pepe mengetahui adanya percobaan pengaturan skor dalam laga Bari vs Udinese pada Mei 2010. Awalnya Bonucci dan Pepe terancam hukuman 3,5 tahun dan satu tahun skorsing.

Sementara itu Lecce, yang terdegradasi ke Serie B pada musim lalu diturunkan ke divisi Lega Pro bersama dengan Grossetto atas dakwaan keterlibatan langsung dalam pengaturan pertandingan untuk mendatangkan keuntungan dalam perjudian.

Preisden Grosseto Piero Camili dan eks Presiden Lecce Giovanni Semeraro sama-sama menerima hukuman lima tahun skorsing karena mengetahui adanya percobaan pangaturan pertandingan yang melibatkan tim masing-masing.
Semua pihak yang mendapat hukuman diperkenankan mengajukan banding di depan Pengadilan Federal pada 20 Agustus, enam hari sebelum musim Serie A dimulai.

Berita Terkait: