AC Milan 0-1 Sampdoria (26/8/2012)

Senin, 27 Agustus 2012

AC Milan mengawali musim 2012/2013 dengan buruk. Bermain di San Siro, Minggu (26/8/2012) malam WIB, Rossoneri menyerah dengan skor 0-1 atas Sampdoria.

Menjalani laga pertama setelah menjual banyak bintangnya, Milan sesungguhnya mampu lebih dominan dalam penguasaan bola dan banyak membuat peluang. Namun permainan Diavolo Rosso cenderung monoton, yang membuat mereka tak mampu menembus pertahanan Il Samp.

Gol tunggal Sampdoria, yang merupakan tim promosi di Seri A musim ini, tercipta di menit 59 melalui tandukan Andrea Costa memanfaatkan umpan tendangan sudut. Jelang akhir laga tuan rumah sesungguhnya punya sangat banyak peluang menyamakan kedudukan. Namun tak satupun yang lahir menjadi gol.

Kekalahan di kandang atas tim promosi tanda bahaya awal buat Rossoneri untuk memperbaiki skuatnya mengingat bursa transfer bakal tutup di akhir bulan ini. Sepeninggal Zlatan Ibrahimovic, Thiago Silva, Antonio Cassano dan banyak pemain senior, Milan terhitung pasif di bursa transfer.

Di menit 10 Sampdoria punya kesempatan setelah Citadin Eder mencuri bola dari kaki Bonera tak jauh dari kotak penalti. Menusuk hingga ke depan gawang, sepakan Eder masih bisa diblok Bonera. Gawang Milan selamat dari kebobolan.

Empat menit kemudian Robinho mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke gawang tapi dengan mudah dijinakkan kiper Sergio Romero.

Lewat tendangan bebas tak jauh di depan kotak penalti Robinho kembali menebar ancaman. Tapi kembali gol gagal tercipta karena bola masih tipis menyamping di sisi kiri gawang. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-0.

Milan langsung menggebrak di detik-detik awal babak kedua saat umpan mendatar Robinho pada Boateng di dalam kotak penalti berhasil di potong kiper. Semenit berselang pesepakbola asal Brasil itu melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti meski masih melayang tinggi.

Robinho..! Melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, bola yang melayang ke sisi kanan masih bisa ditangkap kiper Romero.

Banyak menyerang dan menciptakan beberapa peluang, Milan malah kebobolan lebih dulu.Bermula dari tendangan sudut, tandukan Andrea Costa melesat ke dalam gawang tanpa bisa dihalau Christian Abbiati. Di menit 59, Sampdoria mengungguli Milan dengan skor 1-0.

Empat menit berselang Milan nyaris menyamakan kedudukan saat Mario Yepes dengan sempurna menanduk bola tendangan sudut. Namun kiper Romero melakukan penyelamatan gemilang dengan menepisnya, si kulit bundar yang kemudian membentur tiang gawang masih bisa ditangkap kiper asal Argentina itu.

Lima menit sebelum pertandingan berakhir Milan punya kans menyamakan kedudukan saat Kevin Constant dapat umpan dari Urby Emmanuelson di dalam kotak penalti. Dalam posisi bebas, sepakan Constant tepat mengarah ke kiper.

Oh, tiang gawang menghindarkan Milan dari membuat gol penyama!, tendangan Boateng dari luar kotak penalti kembali sia-sia. Di periode injury time gantian Mathieu Flamini punya peluang, sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti sepertinya akan masuk, tapi bola terhadang bek Sampdoria tepat di garis gawang.

Susunan Pemain
Milan: Abbiati; De Sciglio, Bonera, Yepes, Antonini; Flamini, Montolivo, Nocerino (Constant 75); Boateng, El Shaarawy (Pazzini 56); Robinho (Emanuelson 59)

Sampdoria: Romero; Berardi, Gastaldello, Rossini, Costa; Obiang, Tissone, Poli (Munari 80); Estigarribia (Maxi Lopez 73), Eder (Soriano 76), Krsticic

Berita Terkait: