Waduh, Banyak Jersey Tim Piala Eropa 2012 Beracun

Sabtu, 09 Juni 2012

Organisasi Konsumen Eropa (BEUC), YLKI-nya Eropa, menemukan fakta setidaknya jersey dari sembilan tim yang berlaga di Piala Eropa 2012 mengandung racun yang berbahaya bagi penggunanya.

Dari hasil penelitian yang digagas BEUC, yang bekerja sama dengan YLKI di seluruh Eropa, menemukan adanya kandungan berbahaya di sembilan jersey sampel. Kandungan berbahaya itu beberapa di antaranya adalah timah dan nikel.

Yang menjadikan berbahaya adalah jumlah elemen logam berat di jersey termasuk melebihi ambang batas yang disyaratkan BEUC. Imbasnya, senyawa yang ada bisa merusak sistem kerja syaraf penggunanya.

BEUC merilis beberapa jersey dari tim yang berlaga di Piala Eropa 2012, yang ditemukan kandungan logam beracun di dalamnya, yaitu jersey tim Prancis, Italia, Rusia, Spanyol, Ukraina dan Polandia. Khusus untuk jersey Spanyol dan Jerman, level logam berbahaya yang terkandung dalam jersey melebihi ambang batas untuk produk anak-anak.

Untuk seragam Portugal dan belanda mengandung nikel, yang bisa menimbulkan efek alergi kepada sejumlah orang dan bisa menyebabkan masalah pada pernafasan jika dosisnya cukup tinggi.

Sedangkan senyawa nonylphenol, yang bisa membahayakan sistem kelenjar, ditemukan di jersey Spanyol dan Italia.

"Fans sepakbola harus membayar hingga 90 euro untuk kostum tim favorit mereka. Yang tak bisa mereka harapkan untuk didapat adalah kualitas dan keamanan produk," kata direktur umum BEUC Monique Goyens, Sabtu (9/6).

Pihak Nike, yang merupakan penyuplai jersey untuk Polandia, Prancis, Belanda dan Portugal, menyatakan jersey mereka memenuhi standar yang sudah ditetapkan Uni Eropa dan negara dalam pembuatan sebuah produk.

Berita Terkait: