Toyota Bangun Pabrik Baru di China

Selasa, 19 Juni 2012

Negara Tirai Bambu sedang menjadi fokus produsen mobil dunia. Pernyataan ini kembali diperkuat setelah produsen mobil terbesar asal Jepang, Toyota terus melakukan ekspansinya di China.

Saat ini, Toyota Motor Corp (TMC) sedang mempertimbangkan membangun pabrik baru di Tianjin, China. Hal ini dilakukan untuk mengejar ketinggalan dan meningkatkan penjualannya setelah di AS, Eropa dan Korea Selatan mengalami penurunan. Demikian dilansir Inautonews, Selasa (19/6/2012).

Toyota juga menambahkan, jika pabrik tersebut terealisasikan, maka target produksinya di China akan meningkat menjadi 1 juta unit. Kabarnya, selain sedang mempertimbangkan TMC juga sedang mengajukan izin kepada Pemerintah China.

Lebih lanjut, jika ini terjadi maka Toyota akan memiliki empat pabrik di China, di antaranya di Tianjin, Chungchun, Chengdu dan Guangzhou. Ketiga pabrik yang sudah beroperasi memiliki kapasitas 920.000 unit setiap tahunnya.

Sementara itu, penjualan Toyota di China dalam lima bulan terakhir berhasil mengalami kenaikan 26,1 persen. Hal ini berkat kerjasama yang dilakukan Toyota dengan mitra lokalnya. Nantinya, dengan adanya pabrik baru dan beberapa model baru yang diluncurkan, diharapkan dapat terus meningkatkan penjualannya.

Berita Terkait: