Syamsuar Hasyim, Vokalis D'lloyd Meninggal Dunia

Senin, 11 Juni 2012

Vokalis utama grup musik D’LLoyd yang populer tahun 70-an, Syamsuar Hasyim alias Sam, meninggal dunia setelah dirawat selama dua malam di rumah sakit. Pria 64 tahun itu meninggal pukul 07.15 WIB pagi tadi, di RS Islam Cempaka Putih, Jakarta. Menurut keterangan Syair, keponakan Sam saat dihubungi VIVAlife pagi ini, saat ini jenazah masih di rumah sakit dan akan dimandikan.

“Belum tahu akan dimakamkan pukul berapa dan dimana, sekarang masih di rumah sakit,” ujar Syair.

Rumah Sam sendiri berada di daerah Senen, Jakarta Pusat. Sam harus menjalani rawat inap, menurut diagnosis awal dokter, karena mengidap kanker ganas di paru-paru dekat jantungnya.

Jumat, 8 Juni 2012 sore, VIVAlife masih mengunjungi vokalis utama grup band legendaris itu, dan kondisinya kritis. Badannya tergolek lemah dengan selang oksigen di hidung dan selang infus di tangannya, serta bicaranya sedikit meracau.

Menurut Bartje Van Hauten, pimpinan D’LLoyd saat menyambangi Sam kemarin sore, kondisi Sam mendadak drop setelah pulang dari konser di Johor, 12 Mei lalu. Namun, setelah berobat ke dokter, ia masih bisa tampil di Menteng, 25 Mei. Setelah itu, kondisinya memburuk dan dilarikan ke rumah sakit.
“Sam itu sensitif. Di Johor, dia mengeluh kakinya sakit. Dia ke dokter, tapi sembarang obat diminum karena saking inginnya sembuh. Mungkin itu juga menjadi pemicu sakitnya. Tapi diagnosis dokter sementara ini, ada kanker ganas di tubuhnya,” ucap Bartje kepada VIVAlife di RS Islam Cempaka Putih, kemarin.

Karena kondisi Sam, D’LLoyd yang ternyata masih eksis hingga saat ini, terpaksa membatalkan empat jadwal konsernya. Di Palembang 8 Juni, Jakarta 22 Juni, Kuching 4 Juli, dan Cirebon 10 Juli mendatang.

Sedikit mengingat band ini, D'LLoyd cukup terkenal di era 70-an dengan meluncurkan beberapa single pilihan seperti Keagungan Tuhan, Tak Mungkin, Oh Di Mana, Karena Nenek, Semalam di Malaysia, Cinta Hampa dan Mengapa Harus Jumpa. Kelompok ini cukup diminati banyak masyarakat pecinta musik Tanah Air.

Selamat jalan, Sam…

Berita Terkait: