Portugal 1-3 Turki (3/6/2012)

Minggu, 03 Juni 2012

Di kandangnya sendiri hanya beberapa hari jelang dimulainya Piala Eropa, Portugal malah menelan kekalahan mengejutkan. Menjamu Turki, Cristiano Ronaldo dkk tunduk dengan skor 1-3.

Berlaga di Estadio da Luz, Minggu (3/6/2012) dinihari WIB, Portugal sebenarnya tampil lebih dominan. Sepanjang pertandingan mereka melepaskan 27 tembakan dengan 10 di antaranya tepat ke sasaran. Sementara Turki cuma membuat lima tembakan di mana empat merupakan shot on target.

Melalui Ronaldo, Portugal punya dua peluang bikin gol di menit 13 dan 14. Namun di dua kesempatan tersebut sepakannya tak ada yang mengarah ke sasaran dan berujung gol.

Di menit 30 gantian Huga Almeida yang membuang kesempatan emas saat tandukannya meneruskan umpan Pepe dimentahkan mistar gawang. Tiga menit berselang tendangan bebas Hamit Altintop juga bernasib sama, bola mental setelah membentur tiang gawang.

Tepat 10 menit sebelum turun minum pendukung tuan rumah dibuat terbungkam. Memanfaatkan umpan mendatar dari sisi kiri yang dilepaskan Serkan Balci, sontekan Umut Bulut bersarang di gawang Portugal.

Di awal babak kedua Turki membuat kejutan lain karena mereka mampu memperbesar keunggulan pada menit 52. Kembali Umut Bulut yang jadi pencetaknya saat sepakan keras kaki kanan yang dia lepaskan gagal dihentikan kiper Rui Patricio.

Upaya kubu tuan rumah mencetak gol balasan terwujud di menit 57. Menusuk dari sisi kanan, Nani melepaskan tendangan mendatar keras. Bola yang mengarah ke sudut tiang jauh mengubah kedudukan jadi 1-2.

Di menit 64 Portugal punya peluang menyamakan kedudukan setelah wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan Emre. Maju sebagai eksekutor sepakan penalti Ronaldo ke arah kanan mampu dibaca dengan sangat baik oleh kiper Volkan Damirel. Portugal membuang kesempatan emas.

Nasib buruk Portugal tak berhenti sampai di situ karena dua menit sebelum laga tuntas mereka justru kebobolan. Kali ini Pepe yang mencetak gol ke gawangnya sendiri dan membuat Portugal tunduk dengan skor 1-3.

Susunan Pemain
Portugal: Rui Patricio ('71 Eduardo), Bruno Alves ('70 Ricardo Costa), Pepe, Fábio Coentrao, Miguel Lopes ('86 Ricardo Quaresma), Miguel Veloso ('69 Custodio Dias de Castro), Joao Moutinho, Raul Meireles ('86 Helder Postiga), Cristiano Ronaldo, Hugo Almeida ('73 Nelson Miguel Castro Oliveira), Nani

Turki: Volkan Demirel, Omer Toprak, Bekir Irtegun, Hasan Ali Kaldirim, Hamit Altintop, Belozoglu Emre ('72 Nuri Sahin), Mehmet Topal ('90+3 Engin Baytar), Sertkan Balci ('72 Selcuk Sahin), Arda Turan ('82 Caner Erkin), Burak Yilmaz ('61 Tunay Torun), Umut Bulut ('90 Mustafa Pektemek)

Berita Terkait: