Mourinho Pakai 'Jurus Cinta' dalam Menangani Klub

Kamis, 14 Juni 2012

Klub-klub besar lazimnya memiliki sejumlah tantangan yang juga besar, di antaranya pemain bintang yang punya ego menjulang. Jose Mourinho tak asing dengan kondisi itu dan ia pun menuturkan bagaimana cara menyiasatinya.

Selama kariernya melatih, Mourinho sejauh ini sudah menangani Benfica, Uniao de Leiria, Porto, Chelsea, Inter Milan, dan sekarang Real Madrid. Usai meraih sukses bersama Porto, pria Portugal 49 tahun itu memang selalu mengundang minat klub-klub besar Eropa yang berharap menuai hasil oke dari tangan dinginnya.

Menangani klub besar nan ambisius tidak selalu menjadi hal mudah. Selain ada ekspektasi yang mesti dipenuhi, pemain-pemain bernama besar yang ada di klub tersebut bisa memberikan tantangan tersendiri.

Hal itu tidak disangkal oleh Mourinho. Tetapi ia pun sudah menemukan jurus tepat untuk menciptakan keselarasan antara dirinya sebagai pelatih dengan para pemain bintang yang lazimnya berego besar.

"Para pemain harus bisa menyesuaikan dengan egoku. Ini adalah perpaduan keduanya, kami harus bisa menyatu sebagai keluarga karena kami punya dua keluarga, keluarga sebenarnya dan keluarga di klub kita," terangnya dalam acara "Meet and Greet with The Special One" yang diikuti sejumlah wartawan, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/6/2012) malam.

"Jelas kita lebih cinta keluarga kita sebenarnya, tapi masalahnya kita lebih sering dengan klub dibanding keluarga. Maka itu kita harus bisa saling membina hubungan. Kita pun punya masalah, mungkin dengan teman, istri, kakakmu atau siapapun. Namun, jika ada cinta, maka orang akan bisa menyelesaikan masalah itu. Begitu pun di sepakbola. Aku bukan orang yang sempurna dan begitupun pemain. Aku tahu baik dan buruknya pemain, begitu pun mereka," beber Mourinho.

Mengaku selalu bekerja dengan senyum dan hasrat besar, Mourinho juga dikenal amat dekat dengan pemainnya. Bahkan setelah ia hijrah dari sebuah klub, tidak jarang Mourinho masih akrab dengan mantan pemainnya.

"Aku dan pemain seperti teman. Mungkin aku tidak bisa katakan 100 persen, tapi 99 persen aku dan mantan pemainku tetap berteman," terangnya.

Berita Terkait: