Mau Saingi iPad, Surface Microsoft Jangan Mahal-mahal

Rabu, 20 Juni 2012

Sebagian orang boleh saja menilai Surface bisa menjadi ancaman bagi iPad atau tablet Android. Meski demikian, ada juga yang berpendapat tablet besutan Microsoft ini tidak ada apa-apanya jika mau dibandingkan dengan kedua jenis tablet yang sudah merajalela tersebut.

Pendapat ini dikemukakan Peter Misek, analis dari Jefferies. Dia melontarkan komentar tersebut berkaitan dengan sisi ekosistem sistem operasi (OS) Windows. Menurutnya, OS Windows kurang diminati para developer untuk membuat aplikasi.

"Faktor terpenting dalam kesuksesan sebuah tablet adalah ekosistem. Berdasarkan hasil diskusi kami dengan para developer, kami menemukan kurangnya antusiasme mereka," kata Misek seperti dilansir Reuters, Rabu (20/6/2012).

Dia juga berpendapat, jika tabletnya ingin bersaing dengan iPad, Microsoft harus membanderol harganya lebih murah dibandingkan tablet besutan Apple tersebut.

Misek memperkirakan, tablet Windows 8 harus berjuang keras bersaing dengan iPad yang menawarkan lebih dari 225 ribu aplikasi dan tablet populer berbasis Android seperti Galaxy Tab.

Microsoft baru saja memperkenalkan Surface awal pekan ini. Surface akan hadir dalam dua versi, yang pertama menggunakan Windows RT dan versi high-performance yang menggunakan Windows 8 Pro.

Berita Terkait: