Mark Van Bommel Pensiun dari Timnas Belanda

Kamis, 21 Juni 2012

Tersingkirnya Belanda secara mengejutkan dari babak penyisihan Euro 2012 berujung pada pengunduran diri kapten tim, Mark van Bommel.

Kabar itu dikonfirmasi asosiasi sepakbola Belanda melalui situs resmi mereka. Lewat pernyataannya, keputusan tersebut agaknya diambil Van Bommel dengan cukup getir.

“Saya tidak ingin pensiun,” demikian ujar Van Bommel seperti dikutip harian Inggris, Independent.

“Mungkin akan tiba saatnya ketika pelatih membutuhkan saya di masa mendatang, dan saya akan siap membantu. Tapi kini waktunya bagi talenta-talenta muda [untuk beraksi].”

Pemain 35 tahun memang pantas merasa getir. Anak-anak asuh Bert van Marwijk yang digadang-gadang sebagai salah satu kandidat kuat juara Euro 2012 tampil mengecewakan sepanjang penyisihan grup dan gagal memetik satu angkapun dari turnamen tersebut.

Van Bommel, yang akan bermain untuk PSV Eindhoven musim depan, melakoni debutnya untuk timnas pada 2000 lalu dan telah mengantongi total 79 cap. Dia sempat tidak diacuhkan oleh mantan pelatih Marco van Basten. Namun, dia kembali mendapat panggilan kala Bert van Marwijk mengisi kursi kepelatihan.

Berita Terkait: