Ceko 2-1 Yunani (12/6/2012)

Rabu, 13 Juni 2012

Republik Ceska sukses menundukkan Yunani dengan skor 2-1 dalam pertandingan lanjutan Grup A Euro 2012 yang digelar di Municipal Stadium, Wroclaw. Dua gol cepat Ceska di awal babak pertama diciptakan Petr Jiracek dan Vaclav Pilar, sedangkan Yunani membalas lewat Theofanis Gekas.

Menelan kekalahan di laga perdana membuat Republik Ceska mau tak mau harus memenangkan laga kedua mereka menghadapi Yunani. Tak mengejutkan jika penampilan Tomas Rosicky begitu garang sejak menit pertama pertandingan.

Republik Ceska langsung menggebrak di menit-menit awal pertandingan, memanfaatkan ketidaksiapan Yunani saat menghadapi serangan mendadak tim asuhan Michal Bilek ini. Gol hasil kerjasama Tomas Hubschmann dan Petr Jirácek membuat Republik Ceska memimpin 1-0 pada menit ke-3.

Gol bermula dari aksi Hubschmann yang jeli dan langsung mengirim kepada Jiracek yang posisinya longgar. Tendangan kaki kiri Jiracek tak bisa dibendung kiper Kostas Chalkias, meski sempat menepis bola, namun tak berhasil.

Belum juga bangkit dari gol cepat Republik Ceska, selang tiga menit gawang Yunani kembali bobol. Kali ini Václav Pilar yang sukses memanfaatkan umpan silang mendatar Theodor Gebre Selassie dari sisi kanan pertahanan Yunani. Sontekan Pilar sempat mengenai badan bek Yunani, tapi bola tetap bergulir masuk ke gawang yang kini dikawal Michalis Sifakis karena Chalkias cedera dan diganti pada menit ke-23.

Tertinggal dua gol, pertahanan Ethniki (julukan Yunani) mencoba tampil lebih disiplin. Georgios Samaras cs mulai keluar menyerang, meski laga masih tetap didominasi Republik Ceska. Namun, 10 menit terakhir, giliran Yunani yang menekan lini belakang Narodak (julukan Ceska).

Gol sempat terjadi pada menit ke-40 melalui sundulan Giorgio Fotakis, sayang gol tersebut dianulir wasit setelah striker Fotakis dianggap berada di posisi off side. Republik Ceska sendiri setelah unggul 2-0 lebih banyak menahan bola, hingga peluit tanda babak pertama berakhir, skor masih 2-0 untuk keunggulan Republik Ceska.

Yunani tampaknya belum menyerah meski harus mengejar defisit dua gol, hal itu terbukti dengan permainan mereka yang langsung mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua.

Bahkan, tim asuhan Fernando Santos ini mampu memperkecil ketertinggalan melalui pemain pengganti Theofanis Gekas pada menit ke-53. Gol bermula dari tendangan Samaras yang gagal dibendung dengan baik oleh kiper Republik Ceska, Petr Cech dan bola muntah jatuh ke kaki Gekas yang tanpa ampun menghujam jala gawang Republik Ceska.

Setelah kebobolan, Republik Ceska tampaknya tak ingin lagi gawang bergetar, para pemain belakang Narodak merapatkan barisan agar tak ada celah untuk penyerang-penyerang Yunani masuk ke area pertahanan mereka.

Tomas Hubschmann cs juga terlihat memilih bermain aman mempertahankan keunggulan mereka. Hanya sesekali terlihat Republik Ceska melancarkan serangan, itu pun tak membahayakan gawang Yunani.

Sementara itu, serangan Negeri Para Dewa juga kurang mengancam gawang Cech. Kurangnya kreasi di lini tengah Yunani membuat serangan mereka mandek. Hingga pertandingan usai, Republik Ceska sukses membawa pulang tiga poin lewat kemenangan 2-1.

Hasil ini membuat asa Republik Ceska untuk lolos ke perempatfinal masih terpelihara, meskipun mereka sempat kalah 4-1 dari Rusia di laga perdana Grup A. Sementara Yunani semakin sulit lolos karena belum sekalipun meraih kemenangan setelah sebelumnya hanya imbang 1-1 lawan Polandia.

Susunan Pemain
Greece: Chalkias (Sifakis 23); Torossidis, K. Papadopoulos, Katsouranis, Holebas; Fotakis (Gekas 46), Maniatis, Karagounis; Salpingidis, Samaras, Fortounis (Mitroglou 71).

Czech Republic: Cech; Gebre Selassie, Sivok, Kadlec, Limbersky; Hubschman, Plasil; Jiracek, Rosicky (Kolar 46 ( Rajtoral 90), Pilar; Baros (Pekhart 64).

Berita Terkait: