Manchester United 1-2 Ajax Amsterdam (24/2/2012)

Jumat, 24 Februari 2012

Manchester United menelan kekalahan 1-2 dari Ajax Amsterdam di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Meski kalah, 'Setan Merah' tetap lolos karena unggul secara agregat.

MU mengawali laga di Old Trafford, Jumat (24/2/2012) dinihari WIB dengan sangat baik. Mereka langsung unggul di menit-menit awal lewat gol Javier 'Chicharito' Hernandez.

Sebelum babak pertama berakhir, Ajax berhasil membalas. Sebuah tembakan Aras Ozbiliz menjebol gawang David de Gea.

Di babak kedua, tim tamu tampil sangat ofensif. Tapi, mereka cuma bisa menceploskan satu gol lagi, yakni lewat sundulan Toby Alderweireld.

Dengan kekalahan ini, MU tetap lolos karena unggul agregat 3-2 setelah di pertemuan pertama menang 2-0. Di babak selanjutnya, pasukan Sir Alex Ferguson akan ditantang Athletic Bilbao.

MU sudah unggul saat laga baru berumur enam menit. Diawali keberhasilan Park Ji-sung memotong bola di tengah lapangan, Dimitar Berbatov kemudian mengirim umpan terobosan ke arah Hernandez.

Setelah mengelabui Alderweireld, Hernandez kemudian tinggal berhadapan dengan kiper Kenneth Vermeer. Dengan dingin, penyerang asal Meksiko itu mengirim bola ke dalam gawang.

Pergerakan Hernandez kembali membahayakan gawang Ajax pada menit ke-15. Namun, umpan matang yang dilepaskan Hernandez ke arah Berbatov bisa dihalau oleh Jan Vertonghen di mulut gawang.

Berselang tujuh menit, Ajax mendapatkan peluang bagus lewat sepakan Ozbiliz dari dalam kotak penalti. Tapi, David de Gea masih sigap mengamankan gawang MU.

Memasuki menit ke-38, Ozbiliz benar-benar menjebol gawang tim tuan rumah. Tembakan keras kaki kirinya dari depan kotak penalti tak mampu dijangkau oleh De Gea.

Kans yang didapat Tom Cleverley pada menit ke-42 belum bisa membuat MU unggul lagi. Sepakannya dari luar kotak 16 bisa dimentahkan oleh Vermeer.

Saat turun minum, skor masih tetap 1-1.

Di awal babak kedua, tim tamu melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang MU. Sebuah tembakan Nicolas Lodeiro pada menit ke-57 melayang tipis di atas mistar.

Beberapa saat kemudian, Ajax nyaris menyamakan kedudukan. Menyambut tendangan penjuru Christian Eriksen, Siem De Jong berhasil memenangi duel udara dan menanduk bola ke arah gawang. Sial buat dia, De Gea menunjukkan refleks yang luar biasa dan bisa menepis bola.

Serangan balik MU pada menit ke-73 hampir saja berbuah gol. Menyisir dari sayap kanan, Nani kemudian menusuk ke dalam dan melepaskan tembakan dari luar area. Bola masih menghantam mistar gawang Ajax.

Ajax berbalik unggul pada menit ke-87. Sebuah tendangan bebas Ozbiliz diteruskan oleh Alderweireld ke gawang MU dengan kepalanya. De Gea sudah mencoba menghalau bola, tapi si kulit bundar tetap melaju ke dalam gawangnya.

Setelah gol Alderweireld, Ajax butuh satu gol lagi untuk lolos. Tapi, hingga akhir pertandingan, usaha mereka tak membuahkan hasil.

Susunan pemain
Man Utd: De Gea, Rafael Da Silva, Jones, Smalling, Fabio Da Silva, Nani, Park, Cleverley (Scholes 61'), Young (Evans 61'), Hernandez, Berbatov (Welbeck 72')

Ajax: Vermeer, Van Rhijn, Alderweireld, Vertonghen, Koppers (Klaassen 46'), De Jong, Anita, Eriksen (Serero 60'), Ozbiliz, Lodeiro (Blind 81'), Sulejmani

Berita Terkait: