Kalahkan Guardiola, Mourinho Tercepat Raih 50 Kemenangan Liga

Rabu, 29 Februari 2012

Jose Mourinho akhir pekan lalu meraih kemenangannya yang ke-50 di ajang Liga Spanyol. Prestasi hebat tersebut dia catatkan dengan sangat meyakinkan karena berhasil mengalahkan beberapa nama pelatih top, termasuk Josep Guardiola.

Kemenangan ke-50 Mourinho diraih saat Madrid membekap Rayo Vallecano dengan skor 1-0. Dikutip dari Marca, kemenangan nomor 50 buat Mourinho tersebut didapat di pertandingannya yang ke-62 bersama El Real. Tercatat 12 pertandingan sisanya berakhir dengan enam hasil imbang dan enam kekalahan.

Fakta itulah yang kini menempatkan Mourinho sebagai pelatih yang paling cepat mengumpulkan 50 kemenangan di La Liga Primera. Pelatih asal Portugal itu mengalahkan seteru terbesarnya, Josep Guardiola, yang baru bisa meraih kemenangan ke-50 setelah menjalani 67 pertandingan Liga Spanyol.

Mourinho juga berhasil mengalahkan beberapa nama legendaris yang pernah membesut 'Si Putih' seperti Fabio Capello, Miguel Munoz hingga Leo Beenhakker. Capello meraih kemenangan ke-50 setelah menjalani 80 pertandingan, Munoz butuh 70 pertandingan sedangkan Beenhakker harus melalui 74 laga.

Vincente Del Bosque, yang memenangi dua trofi Liga Champions dan dua titel Liga Spanyol bersama Madrid, bahkan butuh 92 pertandingan sebelum memetik kemenangannya yang ke-50 di Liga Spanyol.

Mourinho juga mengalahkan nama-nama pelatih top yang pernah dimiliki Barcelona. Untuk mencapai 50 kemenangan, Louis Van Gaal butuh menjalani 79 pertandingan, Johan Cryuff harus menjalani 80 laga sementara Frank Rijkaard harus lebih dulu melewati 85 pertandingan.

Pelatih dengan 50 kemenangan La Liga tercepat

Jose Mourinho (Real Madrid) -- 62 pertandingan
Josep Guardiola (Barcelona) -- 67 pertandingan
Miguel Munoz (Real Madrid) -- 70 pertandingan
Leo Beenhakker (Johan Cryuff) -- 74 pertandingan
Louis Van Gaal (Barcelona) -- 79 pertandingan
Johan Cryuff (Barcelona) -- 80 pertandingan
Frank Rijkaard (Barcelona) -- 85 pertandingan
Vincente Del Bosque (Real Madrid) -- 92 pertandingan

Berita Terkait: