Chelsea 1-1 Swansea City (1/2/2012)

Rabu, 01 Februari 2012

Chelsea harus puas dengan raihan satu angka kala bertamu ke markas Swansea City dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Tim asuhan Andre Villas-Boas ini bisa mengimbangi tuan rumah 1-1 berkat gol bunuh diri pada masa injury time.

Dalam pertandingan di Liberty Stadium, Rabu (1/2/2012) dinihari WIB, tim tuan rumah unggul dulu pada babak pertama. Pencetak gol The Swans adalah eks pemain muda Chelsea, Scott Sinclair.

Di sisa waktu, Chelsea berusaha keras mencari gol penyama. Tapi, usaha mereka makin berat setelah Ashley Cole diusir wasit pada menit-menit akhir.

Jose Bosingwa akhirnya tampil sebagai pahlawan penyelamat timnya. Penetrasinya pada masa perpanjangan waktu memaksa Neil Taylor melakukan gol bunuh diri dan skor jadi sama kuat 1-1.

Hasil imbang ini tak mengubah posisi Chelsea di peringkat keempat klasemen sementara dengan raihan 42 poin dari 23 laga. Swansea di peringkat ke-13 dengan 27 poin.

Chelsea memperoleh peluang pada menit ke-12. Usai menerima umpan Fernando Torres, Daniel Sturridge melepaskan tembakan ke arah gawang, tapi masih menyamping.

Swansea balik menekan enam menit kemudian. Sial buat Danny Graham, meski gawang Chelsea sudah ditinggalkan oleh Petr Cech, sepakannya masih bisa dihentikan oleh David Luiz.

Usaha Juan Mata pada menit ke-31 juga belum membuahkan gol. Tembakan volinya meneruskan umpan silang Bosingwa masih melebar.

Berselang tiga menit, Nathan Dyer punya kans membawa Swansea unggul lewat tembakan jarak jauhnya. Namun, Cech masih berada pada posisi yang pas untuk mengamankan bola.

Cech akhirnya takluk pada menit ke-40 setelah gawangnya dijebol Sinclair. Dari sebuah situasi set-piece, Sinclair yang memanfaatkan bola liar dengan jitu melepaskan tembakan voli kaki kiri ke sudut atas gawang Cech.

Hingga berakhirnya babak pertama, Swansea masih unggul 1-0.

Pada babak kedua, Chelsea yang butuh gol tampil lebih ofensif. Michael Essien yang masuk menggantikan Oriol Romeu punya kans lewat sepakan jarak jauhnya. Namun, arah bola masih tipis di atas mistar.

Swansea berpeluang menggandakan skor pada menit ke-82 lewat usaha Dyer. Tapi, sepakannya ke tiang jauh masih menyamping.

Chelsea kehilangan satu pemain sejak menit ke-86. Ashley Cole harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua.

Pada menit ketiga masa perpanjangan waktu, Chelsea akhirnya mampu menyamakan kedudukan. Aksi penetrasi Bosingwa berbuah gol penyama untuk timnya.

Menusuk dari sayap kanan, Bosingwa mengelabui Luke Moore dan kemudian melepaskan tembakan. Bola berbelok arah setelah membentur Taylor dan kemudian menerobos gawang Michel Vorm.

Beberapa saat setelah gol Bosingwa, peluit panjang berbunyi. Skor sama kuat 1-1.

Susunan pemain
Swansea City: Vorm, Rangel, Caulker, Williams, Taylor, Britton, Allen, Sigurdsson (Agustien 67'), Dyer, Sinclair (Moore 78'), Graham

Chelsea: Cech, Bosingwa, Ivanovic, Luiz, Cole, Meireles, Romeu (Essien 65'), Malouda (Lukaku 80'), Sturridge, Torres, Mata

Berita Terkait: