Liverpool 2-1 Atletico Madrid (30/04/2010)

Jumat, 30 April 2010

Harapan Liverpool untuk meraih gelar musim ini akhirnya kandas. Di pentas Liga Europa, Atletico Madrid berhasil menyingkirkan Liverpool.

Tampil di semi-final kedua Liga Europa, Jumat 30/04/2010 dinihari WIB, Liverpool sebenarnya berhasil mengalahkan Atletico 2-1. Tapi hasil itu hanya membuat agregat skor menjadi 2-2. Artinya, dengan skor imbang tersebut membuat Atletico lebih berhak melaju ke final bertemu Fulham karena mereka mengantungi keunggulan gol tandang.

Adalah Diego Forlan yang kembali membuat harapan Liverpool sirna untuk menyudahi musim ini dengan gelar. Striker asal Uruguay ini berhasil mencuri satu gol di masa perpanjangan waktu pada menit ke-103.

Sebelumnya peluang Liverpool telah terbuka untuk melaju ke final. The Reds sempat mengantungi keunggulan dua gol melalui Alberto Aquilani yang mencetak gol di penghujung babak pertama serta Yossi Benayoun di masa perpanjangan waktu.

Dalam laga ini pelatih Liverpool Rafa Benitez tampil dengan harapan besar. Ia menempatkan Dirk Kuyt yang baru saja pulih dari cedera betisnya di lini depan bersama Ryan Babel.

Di lapangan tengah, Rafael Benitez menurunkan Steven Gerrard, Alberto Aquilani, Yossi Benayoun, Javier Mascherano dan Lucas.

Di pihak Atletico, pelatih Quique Sanchez Flores, melakukan tiga perubahan dibanding ketika mereka tampil di Vicente Calderon pekan lalu. Di antaranya kehadiran Sergio Aguero di depan setelah sebelumnya terkena hukuman larangan tampil.

Mengawali babak, Liverpool yang berusaha untuk meraih kemenangan langsung berinisiatif mengambil serangan. Pada menit pertama, The Reds langsung mendapatkan kesempatan sepak pojok. Sayangnya kesempatan tersebut belum bisa mengancam gawang Atletico.

Memasuki menit ke-7, sebuah umpan silang dari Babel sempat membuka peluang kepada Liverpool. Hal yang sama juga kembali lagi terulang di menit ke-11 ketika Aquilani melepaskan tendangannya dari jarak 20 yard. Tapi tendangan yang masih terlalu pelan itu masih dengan mudah diamankan dengan baik oleh David de Gea.

Sementara Atletico baru mampu keluar dari tekanan dan menyerang pertahanan Liverpool selepas menit ke-12. Setelah melakukan sprint, Reyes kemudian melepaskan umpan silangnya kepada Simao. Namun pertahanan yang berlapis diterapkan skuad tuan rumah membuat peluang tersebut kandas di perjalanan.

Empat menit berselang, kerjasama Aguero dan Diego Forlan juga sempat mengancam pertahanan Liverpool. Namun dengan cermat Mascherano berhasil menghalau bola yang mengancam ke arahnya.

Di menit ke-22, Gerrard berupaya juga memberikan tekanan ke gawang Atletico. Sekali lagi, para fans Liverpool hanya bisa dibuat tersentak saja karena tendangan Gerrard saat itu masih bisa diantisipasi oleh De Gea yang tampil apik.

Memasuki menit ke-31, publik tuan rumah dibuat bersorak kencang ketika sebuah sundulan dari Agger akhirnya bisa menggetarkan gawang Atletico. Tapi wasit menganulir gol tersebut setelah hakim garis terlebih dahulu mengangkat bendera tanpa adanya offside.

Penantian yang lama ditunggu itu akhirnya baru bisa terentaskan ketika waktu normal babak pertama menyisakan satu menit saja. Adalah Aquilani yang berhasil membawa Liverpool unggul 1-0.

Melanjutkan pertandingan di babak kedua, para pemain Liverpool tetap berusaha untuk lebih menekan lagi pertahanan lawan. Gol yang telah diraih dari babak sebelumnya setidaknya memberikan harapan besar untuk bisa tampil ke final.

Meski sejumlah kesempatan bisa diraih, namun pertahanan yang super ketat diperlihatkan para pemain Atletico akhirnya memaksa Liverpool harus menjalani pertandingan hingga perpanjangan waktu.

Di masa perpanjangan waktu ini, Liverpool kembali berhasil mencuri gol lewat Benayoun. Setelah skopr berubah 2-0, Atletico berupaya bangkit.

Alhasil, memasuki menit ke-102, Forlan membuat publik Liverpool terhenyak. Soalnya dengan gol yang diciptakan Forlan tersebut membuat Liverpool harus bisa menambah satu gol lagi jika ingin ke final. Hingga akhir babak, usaha Liverpool untuk melaju ke final sirna berkat gol Diego Forlan.

Berita Terkait: