Juventus 1-2 AS Roma 23/01/2010

Minggu, 24 Januari 2010

Permainan buruk Juventus masih berlanjut. Menjamu AS Roma, Juventus yang bermain 10 orang setelah Gianluigi Buffon dikeluarkan, dipermalukan 1-2 yang merupakan kekalahan kedelapan di musim ini.

Dengan hasil ini Juventus tetap berada di urutan kelima klasemen dengan 33 poin. Mereka bahkan mungkin tersusul oleh Palermo yang hanya tertinggal dua poin dan belum melakoni laga di akhir pekan ini.

Sedangkan bagi Roma, tambahan tiga angka ini membuat mereka makin mantap di posisi tiga dengan 38 poin dari 21 laga, unggul empat angka dari Napoli yang tepat di bawah mereka. Il Lupi juga berhasil memperpanjang catatan tak terkalahkannya menjadi 11 kali.

Ini merupakan kekalalahan kelima Juve dari enam pertandingan terakhir. Posisi pelatih Ciro Ferrara bisa makin menghangat atau malah dicopot meski di akhir pekan lalu dia masih bertahan setelah petinggi Juve memilih sabar.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Olimpico Grande Torino, Sabtu 23/01/2010 malam waktu setempat tersebut, Juve diperkuat oleh Momo Sissoko yang sebelumnya absen karena membela Mali di gelaran Piala Afrika dan juga Amauri yang sudah fit.

Sedangkan Roma juga mendapat suntikan kekuatan dengan kembalinya Fransesco Totti yang duduk di bench. Sang kapten baru bermain kembali setelah 20 Desember 2009 kemaren mengalami cedera lutut.

Juve sebenarnya unggul lebih dulu melalui Alessandro Del Piero. Namun Roma berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti Francesco Totti. Setelah Buffon dikartumerah di menit 83, tim tamu leluasa untuk menyerang dan berhasil membalikkan keadaan melalui John Arne Riise.

Enam menit usia babak kedua, Olimpico Turin bergemuruh. Del Piero yang berada di sudut sempit sebalah kanan kotak penalti Roma, melepaskan tendangan mendatar kaki kiri yang gagal dijangkau Julio Sergio.

Petaka bagi Juve terjadi di menit 68. Fabio Grosso melakukan pelanggaran terhadap Rodrigo Taddei di kotak terlarang berbuah tendagan penalti untuk Roma.

Totti yang merupakan algojo titik putih reguler dari Roma maju ke depan. Dengan tenang dia melepaskan tendangan yang diarahkan ke pojok kiri bawah dan gagal dijangkau Buffon.

Di menit 83, Juve harus bermain dengan 10 orang setelah Buffon mendapat kartu merah. Berawal dari serangan balik yang dilancarkan Roma, Riise yang sudah berlari sendirian mendapat tekel dari Buffon. Wasit Paolo Tagliavento pun menghadiahi kiper internasional Italia itu kartu merah.

Dan Riise pun menjadi malapetaka bagi Juve di injury tim. Memanfaatkan umpan silang dari Pizarro, dia menyundul bola untuk menaklukkan Alexander Manninger yang baru masuk untuk menggantikan Buffon.

Berita Terkait: