Birmingham 1-1 Manchester United 10/01/2010

Minggu, 10 Januari 2010

Manchester United gagal mengakhiri rekor Birmingham City yang tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir. Skuad asuhan Sir Alex Ferguson hanya mampu bermain 1-1 melawan tuan rumah Birmingham pada lanjutan Premier League, Minggu 10/01/2010.

Dengan hasil ini, United pun gagal memanfaatkan momentum untuk mengambil alih puncak klasemen dari tangan Chelsea yang pertandingannya melawan Hull City ditunda akibat cuaca buruk. Tambahan satu poin ini pun tak membuat United beranjak dari posisi dua klasemen. United tetap menduduki runner-up dengan koleksi 44 poin dari 21 laga, atau tertinggal satu poin dari The Blues.

Sementara bagi Birmingham, hasil ini jelas menjadi prestasi tersendiri. Pasalnya, dengan satu poin ini, skuad Alex McLeish ini berhasil memoperpanjang rekor tak terkalahkannya di pentas Premier League menjadi 12 pertandingan. Dengan hasil ini, Birmingham berhasil menyamai perolehan poin Liverpool yakni 33 poin. Namun, Birmingham harus tetap duduk di posisi delapan karena kalah selisih gol dari Liverpool yang menempati posisi tujuh.

United justru dikejutkan dengan gol Birmingham yang dilesakkan Cameron Jerome pada menit 40. Berawal tendangan pojok yang dieksekusi James McFadden, Jerome berhasil memanfaat kemelut di muka gawang United dan kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat yang tak mampu dibendung Tomasz Kuszczak. Keunggulan 1-0 Birmingham pun bertahan hingga turun minum.

Pada menit 63, United berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari serangan bertubi-tubi United melalui Paul Scholes, Darren Fletcher yang diakhiri umpan silang mendatar Patrick Evra dari sisi lapangan. Kesalahan mengantisipasi bola oleh Scott Dann yang coba menutup pergerakan Park Ji Sung. Bola justru mengenai kaki dari Scott Dann dan meluncur ke dalam gawang Hart.

Berhasil menyamakan kedudukan, para pemain United semakin gencar menekan pertahanan tuan rumah. Tetapi pada saat krusial seperti ini, United justru harus bermain dengan sepuluh pemain. Setelah pada menit 86, Fletcher yang melakukan pelanggaran kepada Jerome harus keluar dari lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua yang berarti katu merah bagi Fletcher.

Unggul jumlah pemain, Birmingham mencoba memanfaatkan keuntungan dan meningkatkan serangan di sisa empat menit pertandingan. Memasuki menit 87, Roger Johnson berpeluang membawa Birmingham kembali unggul dengan tembakan voli yang dilepaskannya. Penampilan Kuszczak yang cemerlang berhasil menggagalkan peluang tersebut. Skor 1-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Berita Terkait: